Blog Walking: Panduan Lengkap Berkomentar Agar Meningkatkan Traffic Blog

Weebly - Websites, eCommerce & Marketing in one place.

Saat bergabung dengan sebuah grup blogger di facebook saya sering melihat update status dari para anggota untuk saling berkunjung atau blog walking. BW (singkatan dari blog walking) merupakan sebuah cara yang dilakukan agar pemilik atau pembaca situs yang kita kunjungi agar melakukan kunjungan balik ke blog kita.

Blog walking merupakan salah satu dari trik seo off-page yang paling sering digunakan oleh para blogger dalam mencari backlink. Hanya saja cara melakukan blog walking ini salah. Setidaknya dapat kawan-kawan lihat sendiri di laman komentar blog milik sendiri.

Atau malah teman-teman sering melakukan kesalahan blog walking yang disebutkan oleh Neil Patel dalam artikelnya berjudul 8 Blog Commenting Mistakes You Need To Avoid At All Cost?

Jujur saja setelah membaca artikel tersebut saya menyadari ternyata saya selama blog walking yang saya lakukan banyak kesalahannya. Mungkin karena kesalahan dalam meninggalkan jejak di blog teman-teman membuat rangking blog saya menjadi stagnan.

Apa bahaya dari kesalahan berkomentar dalam sebuah blog?

Bahaya yang ditimbulkan dari asal berkomentar dan titip link di saat blogwalking dapat membuat blog yang kita kelola dicap sebagai spam oleh google. Kalau sebuah website sudah dicap sebagai spam oleh google maka website tersebut akan sulit mendapatkan traffic yang berasal dari mesin pencari terpopuler di dunia tersebut.

Tanpa traffic, Anda tidak akan bisa menghasilkan uang.

Akismet, plugin moderasi komentar spam wordpress, menyebutkan ada 7 juta komentar spam yang dibuat setiap jamnya oleh para blogger.

Bagaimana dengan komentar di blogger?

Saya senang sekali komentar dari teman-teman di buatblogger.net tidak ada yang nyepam. Tidak sekali dua kali saya melihat jika didalam komentar sebuah blog yang tidak dimoderasi, ada saja orang yang beriklan dengan menitip link menuju website atau blog yang mereka kelola.

Kalau blog yang masih memberikan manfaat bolehlah ya. Tapi kalau ada link 0bat ku4t dan sejenisnya, wah… sangat-sangat buruk untuk pengembangan blog di kemudian hari.

Dalam panduan webmaster google menjelaskan:
Any links intended to manipulate a site’s rangking in Google search results may be considered part of link scheme and violation of google’s webmaster guideline.
Setiap link yang dimaksudkan untuk memanipulasi ranking sebuah website di hasil pencarian google dikategorikan sebagai bagian dari skema link dan melanggar panduan dari google webmaster.

1. Kesalahan Mengisi Kolom Nama pada Form Komentar blog
2. Tidak menggunakan Nama Lengkap
3. Menggunakan alamat email yang tidak valid
4. Menggunakan alamat email yang tidak terhubung dengan Gravatar
5. Berkomentar di blog yang tidak setopik
6. Membuat komentar yang tidak berhubungan dengan topik
7. Terlalu banyak bertanya dibandingkan memberikan masukan atau sebaliknya
8. Membuat komentar yang tergolong SPAM
apa definisi spam menurut google? Spammy menurut google adalah denoting, relating to, or constituting Internet spam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *