Cara Membuat About di Blog: Informatif dan Profesional

Weebly - Websites, eCommerce & Marketing in one place.

Cara membuat about di blog yang informatif dan profesional – Halaman statis about di sebuah website atau blog merupakan laman yang wajib untuk dimiliki. Sayangnya banyak juga diantara kita yang tidak memperhatikan laman statis ini dengan baik. Padahal laman about yang merupakan ringkasan tentang isi dari website memiliki manfaat yang tak kalah penting dibandingkan dengan laman artikel yang di posting. Pada tulisan kali ini saya coba berbagi cara membuat about di blog yang informatif dan terlihat profesional.

Brian Dean pemilik website backlinko mengatakan, Real brands have MASSIVE about pages that talks about their company, mission statement, etc. Make an epic about us page that tells your story.
Terjemahan bebasnya begini:
Sebuah merek memiliki laman about yang membicarakan tentang perusahaan, pernyataan visi dan misi, dan lain sebagainya.
Oleh karena itu, Buatlah laman about yang menceritakan konten dari website kita.
Masih bingung?
Begini.
Saya mau bertanya kepada teman-teman, apa motivasi dari teman-teman dalam membuat blog atau web?
Untuk mendapatkan uang?
Untuk menyampaikan opini/argumen/kritikan secara terbuka?
Untuk mengisahkan kisah sehari-hari?
Apapun motivasi awal teman-teman semua harus ada di laman about tersebut.
Saya sendiri memulai buatblogger.net (sebelumnya beralamat belajarbloggingdengan.blogspot.com) termotivasi karena seorang teman menarik bayaran dari downlinenya untuk membuat web support bisnis MLM.
Saya tidak menyalahkan beliau yang berbisnis, hanya saja web support yang harus dibayar oleh downline teman saya tersebut saya anggap terlalu mahal. 
Template blog yang digunakan standar dan tidak mengikuti trend teknologi yang semakin canggih. Teman saya memberikan alamat blogspot dengan template bawaan yang sudah di modifikasi tetapi tidak cukup bagus untuk tampilan mobile. Sedangkan untuk bisnis internet sekarang calon pembeli atau prospek banyak menggunakan hape sebagai media untuk mencari informasi. Karena itu saya bilang terlalu mahal teman saya memberikan harga untuk jasa web support yang ia sediakan.
Makanya berangkat dari hal tersebut saya menerbitkan buatblogger.net.
Kisah yang melatarbelakangi penerbitan web atau blog ini yang harus ada di laman about. Jadi pengunjung akan jelas maksud dan isi konten dari web teman-teman sendiri.
Laman statis sifatnya tetap dalam arti tidak butuh update berkelanjutan. Namun saat visi dan misi dari website berubah, teman-teman harus nyatakan juga perubahan tersebut dalam laman statis.
Saya sering melihat beberapa blog yang sudah mulai besar tidak merubah laman about mereka. Awalnya blog tersebut merupakan blog dengan konten pribadi kemudian seiring waktu blog tersebut mendapat pembaca setia dan juga memiliki beberapa penulis lepas. Tentu saja kontennya menjadi berubah. Dari pribadi menjadi publik. Tapi perubahan ini tidak dinyatakan dalam laman about tersebut.
Bagi teman-teman yang merasa sudah ada perubahan dalam blog menjadi sebuah media publikasi sehendaknya mulai memperbaharui laman about teman-teman sendiri.
Manfaat lain dari membuat laman about yang informatif dan profesional adalah meningkatkan trustscore di google.
Apa itu trustscore?
Trustscore adalah sebuah istilah yang merujuk pada peringkat yang diberikan oleh google untuk sebuah website yang dipercaya informasi didalamnya.
Tanda-tanda sebuah website mendapatkan kepercayaan google bisa berupa sitelink otomatis yang dapat dilihat saat seseorang mengetikkan alamat blog atau website di kotak pencarian google.
Jadi ketika misalnya seseorang mengetikkan nama blog saya pencari cerah. Maka google akan memberikan link homepage dan link artikel yang terdapat di blog tersebut.
Kalau menurut Brian Dean, kalau google sudah percaya konten didalam web atau blog kita bermanfaat kompetisi kotor yang di lakukan oleh kompetitor bisa menghindarkan blog / website kita dari penalti akibat perubahan algoritma dari mesin pencari tersebut.
Untuk pendapat yang diatas saya masih ragu. Belom ada bukti soalnya. Apalagi untuk buatblogger.net sendiri. Namun logikanya bisa diterima.
Jika kabar yang kita berikan emang selalu valid tentu kita akan selalu menjadi rujukan bukan?
Oleh karena itu kita semampunya kita harus menghindari membuat halaman about us yang asal-asalan.
Selain tujuan atau visi dan misi aktifitas blogging anda apalagi yang anda butuhkan?
Biodata diri? Bisa jadi.
Pengunjung dari blog atau web kita ingin informasi yang valid. Dan untuk itu kita harus memberikan sedikit latar belakang tentang diri kita di laman about us. Pengunjung akan menilai informasi tersebut benar dari pengalaman atau tidak.
Saat ini banyak blog dengan topik berita yang mengandalkan anonimitas dalam menyebarkan sebuah informasi. Dan kadang kita pun memakan informasi tersebut tanpa memfilter nya terlebih dahulu. Jadi asal ada sumber orang akan menyebarkan informasi tersebut.
Celakanya informasi yang kita sebarkan tersebut belum tentu valid. Dan sekarang netizen lebih aware dengan kabar yang diberikan oleh sebuah blog / website. Oleh karena itu jika blog Anda bertujuan untuk bisnis, memberikan sedikit informasi tentang diri kita sendiri kepada pembaca membuat web atau blog kita akan semakin mendapatkan kepercayaan dari calon pembeli.
Apa saja biodata kita yang harus diberikan?
Kalau menurut saya tidak banyak. Cukup latar belakang pendidikan atau pengalaman pribadi akan membuat menarik. Tidak usah nomor hape ataupun email primer yang kita gunakan. Semampunya kita harus miliki email hosting sendiri dimana alamat email kita menggunakan domain sendiri. Ini akan terlihat lebih profesional dibandingkan menggunakan email gratis.
Selain email yang diperhatikan juga adalah bagaimana pengunjung membaca laman about tersebut. Maksud saya user experience dari laman about tersebut. Kalau saya melihat dari laman about para internet marketer saya bule dan lokal rata-rata mereka membuat laman about yang menghindarkan adanya distraction atau gangguan pada pengunjung.
Jika kita menggunakan template blogger default maka kita akan melihat baik di laman artikel atau laman statis macam about us pasti ada sidebar. Apakah ini, widget di sidebar akan membuat pengunjung bertambah kenyamanannya atau malah berkurang.
Perhatikan bounce rate laman statis ini di Analytics. Kalau bounce rate, durasi sesindan juga penyibakan laman kurang berarti anda harus menghilangkan widget di sidebar untuk laman statis. Cara membuat laman about di blog tidak memiliki sidebar sebenarnya sudah banyak yang membahas. Triknya adalah memanfaatkan b:if conditional untuk laman statis.
Sementara saya tidak akan membahas bagaimana membuat kode khusus untuk laman about yang minus sidebar ini. Karena saat menerbitkan postingan ini saya menggunakan hape dengan aplikasi resmi blogger. Jadi ada beberapa keterbatasan yang saya alami. Setelah saya bisa mendapatkan PC teman-teman akan melihat bagaimana cara membuat laman about blog yang informatif dan profesional.
Jadi bookmark dulu lah. 