Mengenal Fitur-Fitur pada Halaman Posting

Weebly - Websites, eCommerce & Marketing in one place.

Setelah mempunyai akun dan blog anda telah siap digunakan maka anda sudah mulai mengisi blog anda dengan memposting tulisan, audio, video atau bahkan gambar.

Blogger.com mempunyai fitur-fitur yang memudahkan blogger pemula untuk mengisi blog yang telah mereka siapkan. Penggunaannya hanya cukup dengan menekan tombol posting baru yang terdapat pada Dashboard Blogger atau di dalam dashboard blog anda. Tapi saya harus menyarankan anda agar bersabar sebentar untuk mengenalkan anda pada Fitur-Fitur yang terdapat pada Halaman Posting.

Jika anda telah mengenal fitur-fitur yang terdapat pada Halaman Posting aktivitas blogging anda akan lebih baik dan tentunya menyenangkan. Silahkan lewati halaman ini untuk mencari ide postingan jika anda sudah mengenal fitur-fiturnya.

Kolom Judul Postingan

Saat anda masuk ke Halaman Postingan Blog pada Blogspot anda akan melihat kotak memanjang yang diperuntukkan untuk dipergunakan sebagai Judul Postingan.

Dibawahnya anda akan melihat kotak yang lebih besar yang akan anda pergunakan untuk mengisi konten yang berupa apa saja seperti tulisan, audio, gambar, atau video. Diantara dua kotak putih tersebut ada beberapa ikon yang ingin saya jelaskan.

Kotak Editor

Saya menyebut halaman putih dimana konten akan diisi dengan nama editor. Saya sebut demikian karena kotak ini mempunyai fungsi yang sama dengan program editor yang telah kita kenal selama ini seperti notepad, notepad ++, dan lain-lain.

Tombol Compose dan HTML

Ikon pertama adalah Mode Compose / Mode HTML. Saya menyebutnya dengan mode untuk memudahkan saya dalam membedakan fungsi antara dua fitur di halaman postingan ini. Pada Mode Compose anda dapat membuat langsung tulisan untuk posting pertama anda. Anda tinggal menggerakkan kursor pada halaman putih yang terdapat pada layar monitor untuk kemudian mulai menulis tulisan yang anda inginkan.

Mode HTML digunakan untuk membuat konten dengan kode html. Bagi yang sudah belajar tentang kode html maka disarankan untuk menggunakan kode ini agar konten blog tampil sesuai dengan yang diinginkan. Mode HTML ini tidak hanya dikhususkan untuk kode html tapi juga bisa untuk kode css, javascript.

Tombol Undo dan Redo

Disamping tombol Compose dan HTML anda dapat melihat tanda panah melengkung kebawah ke arah kiri maupun kanan. Ini adalah fungsi redo dan undo pada halaman postingan. Jika anda sering menggunakan wordprosesor seperti Microsoft Word atau yang sejenis pasti sudah mengenali fungsi redo dan undo ini.

Saya mulai dengan fungsi undo yang ditandai dengan panah melengkung kebawah ke arah kanan. Fungsi undo adalah untuk mengulang step-step yang telah anda lakukan sebelum anda mencapai step yang telah anda lakukan sekarang. Kebalikannya dengan fungsi redo yang ditandai dengan panah melengkung ke arah kiri, fungsi ini mengulang step-step yang telah anda lakukan sebelumnya jika anda melakukan kesalahan yang tidak disengaja.

Tombol Font

Anda dapat memilih huruf yang anda inginkan dengan melakukan klik pada tombol Font yang disimbolkan dengan ikon F.

Tombol Perbesaran Huruf

Jika ada beberapa kata atau anda ingin membuat sebuah huruf berbeda dengan yang lain tombol Perbesaran Huruf yang ditandai dengan ikon tT ini dapat anda gunakan. Ada tiga pilihan besaran huruf yang dapat anda pilih untuk tulisan anda mulai dari huruf ukuran kecil, huruf ukuran normal, hingga huruf ukuran besar.

Tombol Pilihan Heading, Sub Heading, Normal

Tombol ini berfungsi untuk menentukan paragraf atau kalimat yang akan dijadikan heading, sub heading atau minor heading.

Dalam penulisan artikel anda tentu menemukan heading, sub heading dan minor heading ini. Nah peraturan penggunaan heading, sub heading, minor heading antara menulis di word procesor dan juga blog hampir sama. Dimana heading topik umum, lalu dirincikan dengan sub heading, dan minor heading adalah rincian lagi dari heading.

Tombol Bold, Italic, Underline, Striketrough

Tombol ini seperti ikon pada wordprosesor berguna untuk memberikan perbedaan pada sebuah kata atau kalimat pada sebuah tulisan. Misal untuk penggunaan kata dengan bahasa asing maka kita membuat huruf tersebut menjadi miring, contoh italic. Atau untuk menekankan kata tertentu contoh Tombol Bold digunakan untuk menebalkan kata yang dipilih.

Tombol Warna Huruf/Teks

Tombol dengan ikon huruf A yang digaris bawah ini untuk memilih warna pada kata atau kalimat yang anda pilih.

Tombol Highlight

Tombol dengan ikon spidol digunakan untuk memberikan highlight pada kata atau kalimat yang anda pilih

Tombol Link

Tombol ini berguna untuk menyisipkan url pada kata yang dipilih. Ada beberapa pilihan yang terdapat pada Tombol link ini setelah anda klik ikon tulisan link berwarna biru ini. Saya akan menjelaskan dilain tempat.

Tombol Bingkai

Tombol ini berguna untuk meyisipkan gambar. Dan tidak hanya menyisipkan anda dapat juga mengatur besar kecil gambar dan juga membuat gambar anda sebagai sebuah pancingan agar orang datang ke blog anda.

Tombol clapping

Tombol ini berguna untuk menyisipkan video ke postingan anda. Saya akan membahasnya juga di postingan yang lain dan juga membandingkan apakah anda lebih baik menggunakan ikon ini atau menggabungkannya dengan akun youtube anda sendiri.

Tombol kertas robek

Tombol ini berguna untuk menyisipkan sebuah kode pada tulisan yang anda buat sehingga pada Laman Home/Beranda tulisan tersebut terpotong yang akan membuat visitor blog anda yang penasaran melakukan penjelajahan lebih lanjut pada postingan blog yang anda terbitkan.

Biasanya pada tulisan postingan tersebut ditandai dengan kata readmore.

Tombol Alignment

Tombol ini berguna untuk memberikan rataan kanan, kiri, tengah atau justify pada tulisan yang anda buat.

Tombol Angka

Tombol ini untuk memberikan urutan berupa angka pada poin-poin yang tulisan anda.

Tombol Button

Tombol ini untuk memberikan poin-poin berupa butir-butir hitam.

Tombol quote

Tombol ini digunakan untuk memberikan kutipan tulisan yang anda inginkan.

Tombol T disilang

Akan saya telusuri lebih lanjut karena saya pribadi belum menggunakannya.

Tombol abc diceklis

Tombol ini berguna untuk melakukan cek pada tulisan. Saya biasanya menggunakan untuk cek kata-kata dalam bahasa inggris jika sedang posting artikel berbahasa inggris.

Sekian pengenalan Fitur dan juga tombol yang terdapat pada Halaman Postingan Blogger. Kita akan membahas mengenai Post Setting atau Settingan Post pada tulisan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *