Peringkat Pertama Google dan Cara Mudah Mendapatkannya

Peringkat pertama google merupakan sebuah prestasi tersendiri bagi sebuah brand atau seorang blogger. Bagi google sendiri website yang berada di urutan paling atas berarti memberikan kemudahan untuk pengguna dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Bagi sebuah website, menjadi peringkat teratas untuk sebuah keyword yang digunakan oleh pengguna Google Search berarti menghemat budget iklan digital mereka karena pengunjung yang menemukan website tersebut betul-betul membutuhkan informasi yang diberikan.

Rahasia halaman pertama google sudah dibeberkan secara detail dalam sebuah dokumen. Dokumen tersebut dapat dilihat dan diunduh oleh setiap webmaster atau seorang blogger. Seharusnya setiap blogger membaca dengan seksama dokumen yang dapat diakses secara bebas tersebut. Dokumen yang saya maksud tidak lain adalah panduan dasar seo yang diberikan oleh google.

Meskipun google telah membuka rahasia mesin penelusurannya menurut beberapa pengguna masih banyak lagi yang belum diungkapkan oleh situs pencarian terpopuler tersebut. Salah satunya adalah bagaimana menghadapi pembaharuan algoritma yang terjadi secara diam-diam. Saat google sudah memperbaharui algoritma yang digunakan untuk menampilkan website teratas di hasil pencarian, disitulah waktunya kita mencari informasi terbaru cara agar website tampil dihalaman pertama google.

6 Cara Agar Website Masuk Di Pencarian Google

Kalau kita mengikuti beberapa pakar search engine optimization (seo) kita akan melihat beberapa kesamaan teknik yang digunakan agar website no 1 di google.

Saya rasa teman-teman pun memperhatikannya.

Pertama kita akan melihat kesamaan tool riset yang digunakan. Google Adwords Keyword Planner, Keyword Everywhere, Seoquake, moz OSE merupakan alat yang paling sering disarankan untuk digunakan oleh para pemula.

Kedua kita akan sama-sama melihat kalau kita harus mencari parameter yang sama untuk mendapatkan peringkat pertama google. Parameter yang saya maksudkan itu sebagai berikut:

  1. Artikel harus diusahakan memiliki panjang kata 1500 atau lebih
  2. Menggunakan latent semantic indexing dan mengurangi pengulangan keyword di dalam artikel.
  3. Mencari keyword dengan tingkat kompetisi yang rendah dengan volume pencarian yang tinggi.
  4. Menggunakan desain web yang responsive (tampilan website menyesuaikan perangkat yang digunakan oleh pengguna) atau kalau pengunjung banyak dari smartphone, menggunakan template yang sudah support teknologi Accelerated Mobile Pages (AMP)
  5. Mengusahakan kecepatan loading konten dibawah 1000ms (mikro seconds)
  6. Mendapatkan backlink dari blog atau website yang berkualitas (standarnya blog atau website tersebut memiliki Domain Authority lebih kurang 20-an)
  7. Menggunakan keyword on domain (trik lama yang masih manjur menurut pengalaman saya)

Ketiga kita juga akan disarankan untuk mengalokasikan dana dan waktu untuk melakukan promosi. Ini cara menampilkan blog di urutan pertama google yang paling mudah dan hanya sedikit sekali blogger yang melakukannya. Menjalankan iklan pay per click seperti program Adwords, fb Ads, email marketing dan lain sebagainya adalah jenis promosi yang saya maksud dengan mengalokasikan dana untuk promosi. Besaran alokasi untuk dana iklan ini tergantung pada kemampuan ekonomi seseorang atau organisasi. Semakin tertarget kelompok yang disasar akan semakin rendah biaya iklan yang dikeluarkan dibandingkan dengan omzet yang didapat dari bisnis tersebut. Kalau modal untuk beriklan memang banyak membebaskan target pasar akan membuat seseorang atau organisasi mendapatkan banyak data untuk dimanfaatkan nanti dalam proses re-marketing. Menggunakan iklan untuk mempromosikan web atau blog yang kita kelola merupakan pilihan bagi kita yang tidak punya banyak waktu untuk berinteraksi di media sosial.

Sebaliknya bagi mereka yang memiliki banyak waktu di media sosial mempromosikan konten yang terdapat di dalam blog sebaiknya lebih diutamakan daripada menerbitkan artikel baru.

Para pakar seo menyarankan agar pemilik blog dan website menggunakan prinsip marketing 80-20. Maksudnya kita harus menggunakan 80% waktu yang kita punya untuk mempromosikan artikel atau blog/website dan 20% lainnya untuk membuat artikel baru.

Cara Agar Website Masuk Di Pencarian Google Dgn Mudah

Memanfaatkan pencarian terpopuler di google juga bisa digunakan untuk meningkatkan tingkat kunjungan ke website. Hanya saja strategi ini mesti dilihat pilihan keyword, kompetitor dan juga musimnya. Tidak semua yang sedang ramai dibicarakan akan memberikan blog atau website tingkat kunjungan yang diinginkan. Sebagai contoh: pencarian terpopuler di google 2017 terkait dengan tokoh Basuki Tjahaja Purnama yang saat itu menjadi Gubernur Jakarta dan juga Calon Gubernur di Pilkada DKI. Kita bisa melihat keyword yang digunakan untuk mencari informasi tentang BTP dan juga related keywordnya. Jika kita di 2018 mencoba untuk masuk ke keyword tersebut kemungkinan besar artikel atau blog yang kita miliki tidak akan menghasilkan pengunjung. Alasannya:

  • Keyword dengan nama tokoh tersebut sudah menjadi informasi yang basi.
  • Kompetitor untuk keyword tersebut sudah dikuasai oleh web-web besar yang berjenis portal berita
  • Musim sudah berganti dengan isu baru yang muncul disekitar tokoh.

Bagi blog-blog berita memanfaat google trend untuk memanfaatkan pencarian terpopuler di google saat ini merupakan kewajiban. Tapi tidak demikian dengan blog bisnis. Memanfaatkan momen mungkin bisa digunakan tetapi momen tersebut haruslah membuat baik website maupun produk kita dikenal orang atau mendapatkan calon konsumen. Sayangnya produk yang kita tawarkan tidak selamanya dicari oleh orang. Ada waktu-waktu tertentu dimana pencarian produk dengan menggunakan kata kunci yang kita ketahui memiliki banyak peminat malah tidak memberikan pengunjung sama sekali. Contoh kasus pencarian terpopuler di google 2017 adalah cara menjadi selebgram. Bagi para pemain pemasaran produk afiliasi tren ini masih bisa dimanfaatkan untuk jualan. Entah itu jualan bot penambah follower, jualan #iklan via hashtag atau memberikan panduan bagi yang ingin menjadi the next selebgram. Hanya saja data yang didapat di tren pencarian 2017 mesti digabungkan dengan tren pencarian di google 2018 khususnya untuk tiga bulan kebelakang.

Apakah kueri yang berkaitan dengan cara menjadi selebgram masih relevan untuk digunakan sebagai artikel pemicu untuk membuat website kita berada di peringkat teratas hasil pencarian google?

Setelah kita yakin keyword tersebut masih relevan, maka langkah selanjutnya adalah membuat artikel yang sesuai dengan kondisi pasar. Ada beberapa tahapan pasar kalau teman-teman sempat membaca tulisan para internet marketer lokal dan bule. Tahapan-tahapan ini mesti kita buat satu persatu agar tujuan kita tercapai.

Domains Starting at $0.48/yr

Tahap pertama adalah memberikan informasi umum yang menjadi permasalahan calon konsumen. Kalau kita bawa ke konteks tulisan sekarang. Permasalahan umum yang dirasakan oleh setiap webmaster maupun blogger adalah menembus peringkat pertama google dan memberikan solusinya dalam waktu singkat.

Tahapan kedua yang paling menantang memberikan solusi aplikatif yang dapat ditiru dan benar-benar dirasakan manfaatnya secara langsung. Saya sebut menantang karena hasilnya tidak akan sama antara satu dan yang lainnya. Banyak parameter yang harus diperhitungkan dalam memberikan solusi “riil” untuk permasalah seseorang. Mulai dari jenis blog yang dikelola, target pembaca, jenis promosi yang digunakan dan banyak lagi lainnya. Teknik yang sama tidak akan memiliki efek yang sama pada blog yang berbeda jenis. Seperti yang saya gambarkan pada pencarian terpopuler di google dengan menggunakan Google Trends diatas.

Tahapan ketiga mengukur performa artikel tersebut dengan alatwebmaster seperti google webmaster, google analytics (atau histats). Pada tahap ini kita harus membuat sebuah catatan pribadi tentang kata kunci yang digunakan, kompetisi di serp, strategi yang sudah digunakan dan pencapaian dari strategi tersebut. Teman-teman bisa menggunakan excel, google sheet, atau alat proses data lainnya. Intinya kita membuat Key Performance Indicator (KPI) sendiri. Kebanyakan dari kita (termasuk saya) sering melupakan hal ini padahal manfaatnya besar sekali. Salah satunya adalah menganalisa dimana kekurangan atau kesalahan yang kita lakukan sehingga tujuan (dalam hal ini artikel atau website mendapat peringkat pertama google) tidak tercapai.

KESIMPULANNYA

Peringkat pertama google bisa kita upayakan jika kita bisa memahami panduan dasar seo yang diberikan oleh google secara gratis. Setelah memahami panduan tersebut barulah kita mulai mencari cara/teknik/saran untuk membuat google lebih memilih web atau blog kita sebagai pemberi informasi yang terpercaya.

Teknik seo yang merupakan sebuah strategi agar blog atau web yang kita kelola bisa tampil di halaman pertama google secara umum memiliki kesamaan antara pakar seo satu dan yang lainnya. Kita butuh untuk terus belajar untuk menemukan perbedaan diantara ribuan saran pakar tentang mengoptimalkan penggunaan google search untuk memasarkan blog dan ide-ide yang kita miliki.

Jangan lupa untuk membuat sebuah catatan terhadap perubahan atau strategi yang dilakukan. Evaluasi itu penting untuk meningkatkan kemampuan kita sendiri dalam merebut peringkat pertama untuk keyword yang menghasilkan pundi-pundi uang ke rekening bank kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *